Thursday, June 23, 2011

KAWAH PUTIH - KEINDAHAN DARI JAWA BARAT INDONESIA

Kawah Putih terletak di Gunung Patuha, berjarak 46 km atau 2,5 jam arah selatan kota Bandung, Jawa Barat. Dari pintu masuk hingga ke kawah jaraknya sekitar 5 km atau bisa ditempuh sekitar 20 menit. Ketinggian gunung ini adalah 2.386 meter. Kawah dari Gunung Patuha inilah yang dijadikan obyek wisata yang menarik dengan nama Kawah Putih. Dahulu kala, masyarakat menganggap kawah ini kawasan yang angker karena banyak burung mati seketika melewati kawah ini.
Mitos inipun terpatahkan ketika pada tahun 1837 seorang ilmuwan Belanda Dr. Franz Wilhelm Junghun yang juga seorang pengusaha perkebunan Belanda melakukan penelitian dan menemukan bahwa matinya burung yang melewati kawah ini disebabkan oleh adanya semburan asap belerang yang berbau sangat menyengat. Namun fakta tersebut tak lantas membuat masyarakat sekitar tertarik untuk mengelola dan menjadikan kawah ini sebagai objek wisata. Baru setelah PT Perhutani mengembangkan kawasan ini pada tahun 1987, kawah putih pun menjadi salah satu objek wisata di Jawa Barat. Hal yang menarik dari Kawah Putih ini adalah warna airnya bisa berubah-ubah tergantung cahaya matahari, inilah yang pada akhirnya menjadi daya tarik tersendiri.



Kita dapat sedikit menaiki gunung yang mengelilinginya. Di gunung ini kita akan menemukan pohon-pohon kering dan banyak ranting-ranting pohon yang berjatuhan dengan batu-batu kecil. Kita juga dapat melihat kawah dari atas.

No comments:

Post a Comment