Thursday, June 23, 2011

KEINDAHAN KOTA JAYAPURA - PAPUA INDONESIA


Indonesia adalah negara yang diakui amat cantik dengan segala kekayaan alam dan budayanya. Jika saja Anda memiliki waktu untuk melakukan perjalanan keliling Indonesia, maka Anda akan mengakui betapa cantiknya Indonesia, dari ujung barat di kota Sabang, hingga kota Merauke di ujung timur Indonesia, terbentang beragam wilayah yang demikian cantik dan kaya.
Kali ini kita mencoba mengenali salah satu kota cantik yang dapat Anda kunjungi yang terletak di bagian timur Indonesia, yaitu ibukota dari propinsi Papua, kota Jayapura.
Kota ini dahulu pernah bernama Hollandia, lalu disebut Sukarnopura dan dulu juga pernah bernama Port Numbay. Kota yang memiliki luas wilayah 9,4 km2 ini terletak di teluk Jayapura. Kota ini sungguh indah dengan berbagai sudut pemandangan yang berbeda-beda, mulai dari perbukitan hingga danau dan pantai. Dari perbukitan Anda dapat melayangkan pandang ke danau Sentani yang letaknya di sebelah barat kota, 20 km dari Jayapura. Danau Sentani adalah suatu danau alam dengan pulau-pulau yang berbukit-bukit di tengah-tengah danau. Luas danau adalah 3,63 hektar dengan ketinggian 75 m di atas permukaan air laut. Danau ini sendiri memiliki pemandangan alam yang indah yang dapat dilihat dari kota Jayapura. Dengan perbukitan dan jalan yang berkelok-kelok membuat Jayapura memiliki berbagai wajah yang demikian memukau. Selain itu kota ini tenang dengan udara yang masih bersih. Itu sebabnya Jayapura layak untuk menjadi salah satu kota tujuan Anda untuk berwisata di Indonesia.

No comments:

Post a Comment