Friday, June 17, 2011

KERAMAHTAMAHAN ( ASET BUDAYA PALING INDONESIA )


Kalau anda bertemu dengan turis asing, apa yang paling sering mereka katakan dan sangat mengesankan tentang Indonesia adalahkeramahtamahan masyarakatnya. Sejak dulu bangsa Indonesia dikenal di dunia sebagai bangsa yang selalu ramah dengan orang lain. Mereka selalu menyapa dan melempar senyum setiap ketemu orang.
Budaya keramahtamahan ini menunjukkan bahwa budaya kita yang sangat peduli dengan lingkungan sosialnya. Ini dicirikan dengan budaya gotong royong di desa-desa. Ketika tetangganya ada yang memerlukan bantuan, mereka dengan ringan tangan saling mengulurkan bantuan. Coba saja anda lihat di desa-desa adat yang belum terpengaruh budaya global, maka di sana orang-orangnya mempunyai tingkat interaksi sosial yang kental.
Budaya Keramahtamahan merupakan ciri utama dari bangsa besar bernama Indonesia. Bahkan keramahan kita telah tercermin dalam sila-sila dalam filosofi bangsa Indonesia yaitu Pancasila. Kita ingin terus mewariskan budaya yang ramah ini pada anak cucu kita. Karena budaya yang menjadi aset bangsa ini sekarang sedang tergerus oleh jaman. Sikap-sikap individualisme dan budaya kekerasan sedang menggerogoti bangsa kita. Sekarang kita seperti sedang dalam cengkeraman keegoisan dan rasa saling curiga. Ini sungguh memilukan? Padahal, para leluhur kita telah mewariskan budaya adiluhung yang merupakan ciri budaya kita yang sangat tinggi yaitu budaya keramahtamahan, mau saling menyapa pada orang yang baru dikenal. Ini seharusnya menjadi acuan kita agar bangsa ini tetap pada rel budayanya. Yaitu budaya keramatamahan yang menjadi kebanggaan dan  ciri khas kita sebagai bangsa yang berbudaya tinggi! Bravo Indonesia!.

No comments:

Post a Comment