Sunday, June 26, 2011

MASKOT DAN LOGO SEA GAMES 2011

Komodo hidup dan berkembang di wilayah Kepulauan Timur Indonesia selama jutaan tahun, namun demikian keberadaan Komodo baru diketahui umat manusia kira 100 tahun yang lalu.
Bisa tumbuh hingga panjang 3 meter dengan berat sekitar 130an kg, Komodo adalah kadal terbesar yang hidup di bumi. Komodo memiliki cirri khas kepala rata dengan hidung bundar, kulit kasar, kaki tertekuk, dan buntut panjang dan berotot.
 
Populasi komodo stabil di bilangan 3000 hingga 5000 di wilayah Pulau Komodo, Gila motang, Rinca, dan Flores. Namun kesulitan Komodo betina dalam mengeram telurnya, penyelundupan, gangguan manusia, dan bencana alam mengakibatkan satwa ini mengalami kepunahan.

Atas dasar Komodo adalah satwa langka dunia dan juga merupakan kebanggaan Indonesia, Modo dan Modi, figure mascot resmi SEA Games 2011 ini dikembangkan. Modo dan Modi sebagai mascot resmi SEA Games 2011 mempunyai kepribadian pekerja keras, jujur, adil, ramah, bersahabat, dan sportif. Sifat Modo dan modi yang serba positif dan mencerminkan kepribadian bangsa Indonesia ini diharapkan dapat melestarikan keharmonisan kerjasama dan persahabatan sesama negara peserta SEA Games.

Indonesia untuk kali keempat terpilih sebagai tuan rumah ajang olahraga SEA Games. Multieven dua tahunan itu akan digelar di dua tempat, yakni Palembang (tuan rumah utama) dan Jakarta (tuan rumah pendukung) pada November 2011

Panitia pelaksana telah memilih gambar Burung Garuda sebagai logo SEA Games 2011. Tiga warna yang mendominasi pada gambar tersebut, yakni biru, hijau, dan merah masing-masing punya makna tersendiri.  

Biru menggambarkan lautan nusantara yang menyatukan segala perbedaan. Hijau menandai banyaknya gugusan pulau, hutan, dan gunung yang menyelaraskan. Sedangkan Merah merupakan simbol bagi semangat membara untuk memberikan yang terbaik bagi Indonesia.

SEA Games gelaran ke-26 ini akan mempertandingkan 43 Cabang Olahraga (Cabor), dan di ikuti 11 negara Asia Tenggara (ASEAN) yakni Indonesia, Malaysia, Brunei Darussalam, Timor Leste, Singapura, Filipina, Thailand, Kamboja, Laos, Myanmar, dan Vietnam.
SEA Games 2011 sendiri akan di buka secara resmi pada Tanggal 11 November 2011 (11-11-2011) di Kota Palembang - Indonesia, dan di tutup pada tanggal 25 November 2011 di Kota Palembang - Indonesia.

No comments:

Post a Comment