Thursday, June 23, 2011

PULAU MOYO - KEINDAHAN DI NUSA TENGGARA BARAT INDONESIA

moyo island marine park 500x375 Moyo Island, West Nusa Tenggara

Pulau Moyo, sebuah pulau kecil yang terletak di sebelah utara Pulau Sumbawa, Propinsi Nusa Tenggara Barat, merupakan salah satu destinasi wisata kelas dunia yang kerap dimanfaatkan selebritis mancanegara untuk berwisata ketenangan. Melihat keindahan pantai, laut dan alamnya yang masih alami, memang menawarkan ketenangan bagi penikmat keindahan alam bebas dan bawah laut. Pantas saja jika banyak wisatawan dalam dan luar negeri yang
bertandang ke pulau yang eksotis dan tenang tersebut.
Pulau Moyo memiliki variasi ketinggian dari 0-648 m di atas permukaan laut. Sebagai penanda masih lestarinya pulau seluas kurang lebih 30.000 hektar ini, ratusan kupu-kupu akan terlihat dari balik semak belukar, pepohonan atau di tengah padang savana. Pulau ini juga dihuni 21 jenis kelelawar, burung, macaque, babi liar, rusa dan ular. Namun, dengan kondisi alam yang masih sangat alami, Anda tidak disarankan memasuki pulau ini tanpa pemandu agar tidak tersesat.

Wisata Air Terjun dan Aneka Burung Langka

Saat berkunjung ke pulau ini, kita bisa melihat keindahan alam yang masih alami. Hutan yang indah dan nyaris tak tersentuh, air terjun dan sungai-sungai alami, serta keindahan bawah laut yang tiada habisnya. Selain hiking di hutan, menyusuri sungai dan air terjun, beberapa gua yang dapat dicapai dengan berjalan kaki, bisa menjadi alternatif kegiatan. Salah satunya adalah Gua Ai Manis yang harus dicapai dengan sedikit memanjat tebing. Gua ini tempat bersarangnya ratusan kelelawar. Aktivitas lain yang bisa Anda lakukan adalah trekking selama dua jam yang bisa dimulai dari Labuan Haji, ke arah Air terjun
Brang Rea (Sungai Besar) yang terletak di tengah pulau. Di samping itu, Air terjun berundak Mata Jitu yang berada di taman burung Pulau Moyo juga menjadi daya tarik wisata. Di sepanjang jalan menuju air terjun tersebut, dapat Anda jumpai aneka macam burung dan salah satu di antaranya adalah  megapodius.
Pulau Moyo juga merupakan surga bagi pencinta burung. Dari 124 spesies burung yang terdapat di Sumbawa, 86 jenis di antaranya berada di pulau ini. Spesies burung langka juga bisa Anda temukan di sini. Di antaranya adalah Kakatua berkepala kuning serta burung Gosong. Burung Gosong ini sungguh unik karena mengandalkan tanaman dan ranting untuk menghasilkan panas selama masa inkubasi telurnya.

Menikmati Keindahan Bawah Laut

Salah satu daya tarik bagi wisatawan untuk berkunjung ke kawasan ini adalah keindahan alam bawah lautnya. Berbagai jenis terumbu karang dan ikan hias yang beranekaragam yang dapat Anda nikmati dengan snorkeling maupun diving. Hampir keseluruhan pulau dikelilingi karang yang masih dalam keadaan baik dan belum rusak. Anda juga bisa menyaksikan Hiu dengan panjang kurang lebih dua meter, anemon, pelagik, belut, groupers bahkan manta, semua ada. Semua pemandangan di depan mata akan membuat siapapun yang melihatnya takjub. Cantik dan indah! Anda juga bisa diving di sekitar Pulau Medang, yang terletak di Barat Laut Pulau Moyo. Pemandangan bawah laut di tempat ini tak kalah indahnya. Honeymooners bisa menghubungi Laguna Biru Resort yang berada di pinggiran kota Sumbawa Besar. Kapal pesiar dari Bali, Lombok atau bahkan mancanegara sering melakukan persinggahan di pulau ini. Perjalanan kapal pesiar biasanya menyinggahi Pulau Moyo dan Pulau Satonda, pulau mungil di sebelah timur laut Pulau Moyo yang memiliki danau air asin di tengah pulau.
moyo island scenery 500x311 Moyo Island, West Nusa Tenggara

moyo island ocean view 500x333 Moyo Island, West Nusa Tenggara

moyo island sunset view 500x333 Moyo Island, West Nusa Tenggara

moyo island jungle 500x375 Moyo Island, West Nusa Tenggara

moyo island river 500x749 Moyo Island, West Nusa Tenggara

moyo island waterfall 500x749 Moyo Island, West Nusa Tenggara

No comments:

Post a Comment