Friday, July 8, 2011

29 FILM ASING YANG MEMBAWA UNSUR INDONESIA

1. ALIAS (Season 1, Season 4/5, Serial TV)
Pernah salah satu episodenya (21) bersetting di Bali, di tengah kota Denpasar. Yang paling mirip sama Bali cuma pura sama cewe yang bawa buah di kepala. Ceritanya Sidney (Jen Garner)lagi nyamar jadi orang bali (jadi laskar) trus ketemu shark yang sedang cari parfum! Trus di season 4 ato 5 gitu juga disebut ada Jakarta Project. Trus episode lain ada juga ceritanya kedutaan Indonesia dibom, di sini diceritain Indonesia punya senjata kimia berbahaya.

2. ANACONDA 2: THE HUNT FOR THE BLOOD ORCHID (2004)

Sekuel Anaconda ini bercerita tentang sekelompok ilmuwan yang melakukan ekspedisi untuk mencari anggrek berdarah yang langka yang dipercaya bisa membuat awet muda. Anggrek tersebut berada di suatu lokasi yang sangat terpencil yang dipenuhi oleh sejumlah flora dan fauna yang aneh-aneh, dan tentu saja si Anacondanya sendiri yang jumlah dan ukurannya sangat tidak biasa. Kalau hanya itu saja, orang mungkin akan menyangka bahwa setting lokasinya berada di pedalaman Afrika atau lembah Amazon yang memang terkenal tak tersentuh oleh manusia. Tapi, ya ternyata disebutkan bahwa ujung dunia tersebut adalah Borneo (Kalimantan) , tapi konyolnya kondisi flora dan faunanya malah menggambarkan hutan amazon. Trus diceritakan menyusuri Sungai Mandranang dari Kota Baru (padahal gak ada sungai mandranang) trus
Kota Baru tuh adanya di Pulau Laut Kalsel bukan di Kalimantan daratan. Trus ada lagunya Iwa K disana yang Nombok Donk.

3. AROUND THE WORLD IN 80 DAYS (versi klasik, bukan versi Jacky Chan)

Disitu diceritain sebelum mereka berangkat, mereka milih negara mana yang dituju lewat brosur-brosur yang ada di travel agen. Salah satu brosur tentang Bali. Di film itu dibilang kalo Bali adalah pulau surga dengan perempuan berdada terbuka. Paling gak, ini sama kayak yang diceritain sama Adrian Vickers di bukunya, Bali; A Paradise Created tentang brosur wisata pertama tentang Bali yang dibikin sama agen travel Belanda tahun 1914. Nah, makanya brosur yang ada di film itu
masuk akal. mengingat filmnya juga klasik.

4. AUTUMN IN NEW YORK

Ada adegan dalam film ini waktu ceweknya sakit parah dan mau meninggal, intinya Richard Gere bilang kalo dia masih pengen ngajakin ceweknya itu keliling dunia dan Bali di-sebut2.


5. BATS (1999)

Lagi-lagi Indonesia “dilibatkan” dalam sebuah eksperimen keblinger. Kelelawar-kelelawar yang dijadikan bahan percobaan oleh pemerintah dalam film ini berubah menjadi hewan yang beringas dan menyerang penduduk kota. Mau tahu dari mana asal kelelawar tersebut? Ya, Indonesia. Bahkan dua kelelawar yang jadi “bintang”dalam film ini diambil langsung dari negara kita.

6. BAYWATCH (Serial TV)
Dalam salah satu episodenya si Pamela Anderson bilang “I wanna holiday in Bali”.

7. BETTY LA FEA (Serial TV)

Dalam salah satu episodenya, si bosnya pernah nyuruh si Betty ke Indonesia.

8. BOSTON PUBLIC (Serial TV)
Ada adegan saat salah satu murid sekolah yang ternyata imigran gelap dari Indonesia namanya Sri, castingnya sih wajah oriental, termasuk sang ayah. Pas si guru datang ke rumah persembunyian mereka, buka pintunya pake sapaan “siapa itu?” hehehe….

9. BRAINDEAD (1992)
Ini adalah filmnya Peter Jackson sebelum terkenal. Braindead a.k.a Dead Alive sebuah horor komedi yang mengerikan dan menjijikan. Virusnya berasal dari kera Sumatra.

10. CHILDREN OF MEN
Ada berita Jakarta kolaps di tv (seluruh dunia sih yg kolaps, trus Jakarta ikutan nongol deh).

11. COMMANDER IN CHIEF (Serial TV) (2006)
Film ini dalam salah satu episodenya menceritakan Presiden AS Geena Davis(pemeran Mackenzie Allen, presiden wanita AS pertama) membantu Presiden Indonesia untuk memerintahkan pasukan TNI melawan teroris yang bermukim di perbatasan Kalimantan-Serawak. Pertempuran terjadi di bawah pimpinan seorang Letjend TNI yg membawahi pasukan elit dari TNI (disebut “ranger”) dan juga elit AS untuk membantu menumpas teroris yang juga ngomporin melakukan gerakan separatis, dimana gerombolan ini mencoba menyeberang perbatasan di Kalimantan-Serawak. Terjadi perdebatan sengit di dewan senat AS dalam pengiriman pasukan elit ini,
bahkan ditolak karena Senat beranggapan Presiden Indonesia mampu menyelesaikan masalah ini tanpa bantuan AS. Akan tetapi berbagai kepentingan seperti para scientist AS yang ikut disandra teroris menjadi agenda khusus pemerintah AS yg diam2 mengirim pasukan AS ini ke Indonesia dengan persetujuan presiden Indonesia. Selain itu, ada agen spionase wanita yg dikirim untuk membantu TNI dan grup pasukan elit AS memberikan info detail untuk menumpas teroris tersebut sangat
fasih berbahasa Indonesia. Bahkan saat pertempuran sengit berlangsung banyak terjadi dialog bahasa Indonesia yang cukup kental disini

12. CSI (TV serial)
Film serial ini sempat menyinggung mengenai kopi yang khas Indonesia yaitu Kopi Luwak.

13. CSI: MIAMI
Waktu ada banyak mayat orang dirantai di dasar laut, Lt Cane diskusi sama temen sejawatnya, “Apa yg terjadi disini, Ini bukan cara perompak Indonesia maupun Mafia biasa..”..

14. DIE HARD I

Dalam film ini Takagi, si pengusaha yang punya Nakatomi Plaza, mau bikin usaha kilang minyak di Sumatra atau Jawa.

15. DEVIL’S ADVOCATE
Dalam film ini, Al Pacino sempet nyebut soal perdagangan senjata di Jakarta.

16. DUNSTON CHEK IN (1990-an)

Film komedi yang mengisahkan seorang anak kecil dan monyetnya yg cerdas tanpa sengaja berhasil menggagalkan perampokan permata di Hotel Hilton, dan sebagai imbalan mereka boleh berlibur gratis di Hilton Bali. Yang bikin aneh adalah meskipun suasananya adalah Bali, lengkap
dengan pantai dan pohon kelapa dan nuansa bali lainnya, tapi orang-orangnya semuanya memakai kimono dan berbahasa Jepang!

17. DYNASTY (Serial TV)(1980-an)

Di film seri TV jadul (di TVRI), ada Black Carrington dll. Ceritanya Linda Evans pergi ke Denpasar Bali. Lucunya gambar yang diambil gak ada Balinya, hanya gambar gedung hotel di Amerika sana yang katanya di Bali.

18. ELEKTRA
Gelangnya yang dia pakai berasal dari Indonesia.

19. FRIDAY THE 13TH
Di film ini ada adegan saat ditampilkan di gudangnya ada topeng leak Bali.

20. GILMORE GIRL season 4.

Nah di episode 3 sedikit diceritain tentang Indonesia dan makanan khasnya.

21. HAWAII FIVE O

Bolak-balik disebut Indonesia ato Jakarta ato Bali. Entah proses pesawat melewati daerah sana, penjahat melarikan diri ke sana, berlibur ke sana dll.

22. HEAVY METAL
Film action Hong Kong yang endingnya di Indonesia. Duel terakhir antara hero dan penjahatnya di puncak Gunung Bromo.(dan disebutin klo itu emang Gunung Bromo Indonesia)

23. HONEYMOON IN JAKARTA

Film Hong Kong jadul bgt tentang pasangan yang honeymoon di Jakarta. Syutingnya di Ancol tahun 90an gt, aneh banget. Trus, ada adegan pasangan penganten lari dari daerah Kota trus nyampe2 di Bandara Soekarno-Hatta. Di film ini sebagian crew2nya orang-orang Indonesia.

24. HOUSE (Serial TV)
Film seri di Starworld. Si dokter House lagi ngobatin anak yang sakit parah banget dibilang sama si dokter, kira-kira begini, “anak sakit parah begini tinggalnya pasti di Indonesia”.

25. I NOT STUPID (2002)

Film Singapore ini sutradaranya Jack Neo. Dalam fim ini pembokat keluarganya dari Indonesia, namanya Yati, pinter Bahasa Inggris.

26. IN THE GODS HAND
Film tentang selancar dari Hawai ke Bali. Waktu itu ada peselancar2 muda dari Amerika yang nyoba semua ombak yg ada di dunia. Saat itu di Lombok/Bali, ceritanya mereka ketangkep polisi Indonesia, trus polisinya disuap dengan cara “salaman dengan nempelin duit ke tangan polisi”. Lolos deh mereka.

27. INTO THE WILD (Cartoon)
Dalam film cartoon ini, seorang reporter mamalia, sering keliling dunia ngeliput satwa, salah satunya pernah ke Indonesia. Bahkan kera (si Darwin) yang ngikutin mereka didapet dari Borneo (Kalimantan) .

28. ITALIAN JOB
Dalam film ini digambarkan batangan emasnya bergambar the Bali dancers. Emas di italian job memang ceritanya berasal dari tambang emas di Indonesia. Mungkin di filmnya gak terlalu spesifik, tapi di trailernya, si narator menyebut kalo emas ini diambil dari tambang di Indonesia

29. JAKARTA
Film Korea ini ceritanya tentang pencurian uang di bank, terakir2nya
perampoknya pada kabur ke Jakarta.

No comments:

Post a Comment